Pelatihan Kader JUMANTIK Program Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Tahun Anggaran 2019

Sugihwaras (06/07/2019) – Bertempat di Aula Kelurahan Sugihwaras kegiatan Pelatihan Kader JUMANTIK dilaksanakan. Ucapan selamat datang dan laporan ketua penyelenggara bahwa tujuan dan latar belakang diadakannya kegiatan pelatihan ini agar setiap ada musibah kita bisa mengantisipasi secara sigap dan cepat.

Pelatihan Kader JUMANTIK

Demam berdarah disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk aedes aegyptie. Tanda dan gejala panas tinggi 3 – 7 hari, tidak mau makan, mual, kepala pening. Dalam keadaan lanjut akan muncul bintik merah yang bila ditekan tidak akan hilang bintik merahnya, kadang juga mimisan. Penyakit demam berdarah gejalanya hampir sama dengan typus. Tapi tidak boleh dianggap sepele. Penyakit viru akan sembuh sendiri yang penting jaga kondisi, makan banyak, istirahat cukup, dan banyak minum.

Pencegahan 3M : menguras (sela-sela bak mandi digosok supaya telur nyamuk tidak menetas menjadi jentik nyamuk), mengubur, menutup. Juga dalam kegiatan sehari-hari pakaian yang bergantungan dibersihkan dan selalu memakai solution anti nyamuk tiap pagi dan sore. Untuk perhatian kaum ibu supaya bijak dalam mengkonsumsi obat, kalau panas beri paracetamol saja dan kalau 2 hari tidak sembuh/turun panasnya lebih baik periksa, tidak boleh diobati sendiri lebih-lebih minum antibiotik dengan ukuran sendiri.

Pertumbuhan adalah perubahan ukuran fisik dari waktu ke waktu, baik dari segi dimensi, proporsi, maupun komposisi tubuh. Anak yang sehat akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan dengan baik. Ketepatan cara menimbang dan mengukur dapat berpengaruh pada interprestasi status gizi anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *