Kesehatan

SISTEM PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT TERPADU

 

SPGDT 119 merupakan program pemerintah Kabupaten Pemalang yang bertujuan memberikan Penanggulangan Kegawatdaruratan Medis yang terjadi di Wilayah Kabupaten Pemalang secara Cepat dan Tepat.

Dalam Situasi Seperti Apa Anda Harus Menghubungi SPGDT 119 ?
Saat anda menjumpai korban/pasien dengan keadaan gawat darurat medis, dimana pernapasan, sirkulasi darah, dan kesadaran terganggu, atau mungkin terlihat perdarahan hebat, luka bakar dan patah tulang. maka segeralh telepon 119 dengan menyampaikan informasi berupa :

  1. Kejadian yang terjadi
  2. Gejala dan tanda yang dialami oleh korban
  3. Lokasi Kejadian
  4. Nomor telephon anda yang mudah dihubungi
  5. Bantuan yang telah anda berikan kepada si korban

 

DATA RUMAH SAKIT

Status Rumah Sakit : Badan Layanan Umum Daerah
Nama Rumah Sakit : RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang
Kode Rumah Sakit : 3327010
Alamat : Jl. Gatot Subroto No.41 Pemalang 52319
Telp. / Fax. : (0284) 321614 / (0284) 323664
Website : rsud.pemalangkab.go.id
E-mail : rsupemalang@yahoo.co.id
: rsupemalang@gmail.com
Kabupaten : Pemalang
Propinsi : Jawa Tengah
Kelas/Type : C
Kapasitas TT : 390 TT
Luas Tanah dan bangunan : 46.170 m2
Luas Bangunan : 17.355 m2

Tugas dan Fungsi RSUD Dr. M. Ashari

Tugas

RSUD Dr. M. Ashari Pemalang sebagai unsur Penunjang Pemerintah Kabupaten Pemalang mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang kesehatan melalui :

  1. Pelaksanaan upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi, terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan di lingkungan Rumah Sakit sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melaksanakan pelayanan yang bermutu sesuai Standar Pelayanan Rumah Sakit.

Fungsi

Dalam menyelenggarkan tugas pokok tersebut, RSUD Dr. M. Ashari Pemalang mempunyai fungsi:

  1. Merumuskan kebijakan teknis di bidang pelayanan kesehatan perumahsakitan;
  2. Memberikan pelayanan perumahsakitan yang meliputi :
  1. Pelayanan Medis;
  2. Pelayanan Penunjang Medis;
  3. Pelayanan Penunjang Non Medis;

4.Pelayanan dan Asuhan Keperawatan;

  1. Pelayanan Rujukan;
  2. Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan;
  3. Pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan;
  4. Pelaksanaan Administrasi dan Keuangan.DASAR

Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Pemalang.

Peraturan Bupati Nomor 49 Tahun 2011 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang

VISI 

Rumah  Sakit  Pilihan  Utama  Masyarakat  Pemalang dan sekitarnya.

MISI

    1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu prima dan memuaskan;
    2. Memeberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi semua golongan masyarakat;
    3. Memeberikan kontribusi nyata untuk pendidikan dan latihan kesehatan yang terintegrasi dengan pelayanan dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan serta teknologi kesehatan.

FILOSOFI

“MENGUTAMAKAN KESELAMATAN DAN KEPUASAN PASIEN”

MOTTO

“RAMAH,  CEPAT,  TEPAT dan IKHLAS”

TUJUAN STRATEGI

    1. Kemandirian finansial rumah sakit
    2. Kepuasan pelanggan
    3. Proses pelayanan yang prima
    4. Sumber Daya Manusia berkomitmen tinggi dan kompeten

NILAI NILAI DASAR

    1. KETULUSAN
    2. KEPEDULIAN
    3. KERENDAHAN HATI
    4. KETERBUKAAN
    5. KEJUJURAN
    6. KERJA KERAS
    7. KEPROFESIONALAN
    8. KEBERSAMAAN

KLINIK SPESIALIS ANAK

RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang memiliki klinik anak yang merupakan keseluruhan pelayanan untuk bayi dan anak dalam memberikan konsultasi bagi segala kelainan penyakit yang biasa diderita oleh bayi dan anak. Konsultasi akan dilayani oleh dokter spesialis anak (pediatric) dengan bantuan para perawat yang ramah dan terlatih. Konsultasi dokter spesialis anak dilakukan setiap hari sesuai dengan jam praktek dokter masing-masing.

KLINIK SPESIALIS BEDAH

RSUD Dr. m Ashari Pemalang memiliki fasilitas pelayanan poliklinik bedah. Pelayanan poliklinik bedah didukung oleh dokter dan perawat yang profesional dengan teknologi yang canggih.

Poli bedah yang ada di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang terdiri dari Bedah Umum dan Bedah Mulut.

KLINIK SPESIALIS KEBIDANAN DAN PENYAKIT KANDUNGAN

RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang nerupakan institusi pelayanan kesehatan yang memberi pelayanan kesehatan yang bermutu, kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Pemalang dan sekitarnya, meliputi pelayanan kuratif, rehabilitatif, promotif fam preventif secara profesional, manusiawi dan dapat terjangkau, sehingga memuaskan semua pihak yang terkait.

KLINIK SPESIALIS MATA

Klinik mata merupakan salah satu fasilitas poli spesialis yang tersedia di RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Bagi anda yang ingin melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi mengenai kesehatan mata serta pemeriksaan kaca mata dapat dilakukan di Poliklinik Mata RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Dengan tenaga medis yang kompeten dan peralatan yang modern, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda dan keluarga.

KLINIK SPESIALIS PENYAKIT DALAM

RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang memiliki klinik penyakit dalam. Klinik penyakit dalam memberikan pelayanan penanganan masalah kesehatan organ dalam tanpa bedah, seperti diabetes melitus, sakit ginjal, sakit lambung, lever dll. Ditangani oleh dokter ahli penyakit dalam yang profesional dan berpengalaman dibidangnya serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan pasien, keluhan pasien mengenai penyakit dalam dapat ditangani dengan baik.

KLINIK SPESIALIS SARAF

Ditangani oleh dokter yang berpengalaman menangani pasien-pasien saraf , Poli Saraf RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang memberikan pelayanan saraf yang prima, efektif dan efisien terhadap pasien dengan keluhan atau masalah seperti nyeri kepala, leher, pinggang, vertigo, cedera kepala, perdarahan otak, stroke dan organ saraf lainnya. Dilengkapi dengan peralatan medis yang modern sesuai kebutuhan pasien

KLINIK SPESIALIS REHABILITASI MEDIS

REHABILITASI MEDIK

Dinamika kehidupan dan perilaku masyarakat saat ini yang karena kesibukannya seringkali kurang memperhatikan pentingnya memelihara kesehatan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah penderita berbagai penyaki seperti stroke, kencing manis, jantung, rematik dan sebagainya. Selain itu dengan meningkatnya usia harapan hidup, maka populasi usia lanjut akan meningkat pula dengan berbagai permasalahannya. Sedangkan pada populasi usia produktif sering didapatkan keluhan atau kelainan pada sistim lokomotor (otot, tulang, sendi, saraf) yang diakibatkan oleh aktivitas rutin, pekerjaan, kecelakaan kerja, cedera olah raga dan lain-lain. Peningkatan usia harapan hidup harus disertai dengan upaya peningkatan derajat kesehatan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya sistim pelayanan kesehatan yang bersifat komprehensif, mulai dari tahap promotif, pencegahan,penanggulangan masalah kesehatan dan upaya rehabilitasi sehingga penderita dapat segera kembali beraktivitas dan kembali ke taraf produktivitasnya semula. Rehabilitasi medik adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk memulihkan atau mengoptimalkan kemampuan seseorang setelah mengalami gangguan kesehatan yang berakibat pada penurunan kemampuan fisik. Dengan program rehabilitasi medik diharapkan pasien akan dapat lebih cepat beraktivitas atau kembali ke pekerjaan semula.

KLINIK SPESIALIS PENYAKIT KULIT DAN KELAMIN

Kulit merupakan lapisan pelindung tubuh yang sempurna terhadap pengaruh luar, baik pengaruh fisik maupun pengaruh kimia. kulit terdiri dari banyak lapisan jaringan, lapisan kulit yang terluar yang disebut epidermis yang berfungsi sebagai pelindung terhadap bakteri, iritasi kimia, alergi dan lain-lain.

KLINIK SPESIALIS BEDAH GIGI DAN MULUT

Rumah Sakit Umum Dr.M.Ashari Kabupaten Pemalang mempunyai klinik spesialis bedah gigi dan mulut yang buka setiap hari.

KLINIK UMUM

RSUD Dr. M. Ashari Pemalangmemiliki klinik dokter Umum yang disediakan bagi seluruh pasien yang datang dengan segala keluhan atau masalah kesehatan yang dialaminya. Klinik dokter umum memberikan konsultasi dan pengobatan kepada para pasien yang datang, atau untuk beberapa kasus dengan spesifikasi atau kekhususan tertentu akan dirujuk ke dokter spesialis lainnya dengan pengantar yang jelas dari dokter umum.

KLINIK GIGI DAN MULUT

RSUD Dr. M. Ashari memberikan pelayanan kesehatan Gigi dan Mulut setiap hari, didukung oleh 2 Dokter Gigi Umum dan 1 Dokter Spesialis Bedah Mulut, dengan tujuan untuk membantu para penderita gigi dan mulut dengan peralatan dan perlengkapan yang cukup memadai. sehingga mempermudah pasien untuk berobat.

KLINIK KONSULTASI GIZI

Gizi sangat penting bagi kesehatan seseorang mulai dari dalam kandungan sampai usia tua. Kandungan zat gizi di dalam makanan dapat berdampak baik atau buruk terhadap kesehatan. Terbukti dengan pola makan yang baik dapat mencegah atau memperlambat timbulnya berbagai penyakit antara lain osteoporosis, kencing manis, darah tinggi, penyakit jantung, keganasan dan kegemukan atau obesitas, serta proses menjadi tua atau penuaan yang juga di golongkan sebagai suatu penyakit.

KLINIK LAKTASI

Laktasi adalah tempat atau lembaga konseling bagi ibu atau calon ibu mengenai masalah menyusui. Tidak semua rumah sakit yang menyediakan fasilitas bersalin, mempunyai klinik laktasi. Rumah bersalin serta rumah sakit ibu dan anaklah yang pada umumnya mempunyai fasilitas ini, karena kami memang memberikan perhatian dan pelayanan lebih pada ibu dan bayi.

KLINIK PSIKOLOGI

Klinik Psikologi merupakan wadah yang memberikan pelayanan terkait dengan kebutuhan dan permasalahan psikologis. Klinik ini bertujuan untuk membantu masyarakat mewujudkan kesehatan mental yang optimal. Kami menyediakan jasa layanan Konsultasi Psikologi, Assesmen Psikologi dan Psikoterapi dan juga memberikan pelatihan untuk kesiapan siswa/mahasiswa/umum menghadapi dunia kerja sesungguhnya.

KLINIK KESEHATAN REPRODUKSI

RSUD Dr. M. Ashari Pemalang mempunyai klinik kesehatan reproduksi yang melayani pasangan dan remaja dengan berbagai pelayanan seperti konsultasi dan pelayanan-pelayanan medis yang diberikan kepada masyarakat yang memerlukan layanan reproduksi.

KLINIK TBC (DOTS)

Penyakit tuberkulosis ( tbc ) adalah penyakit menahun/kronis ( berlangsung lama ) serta menular. Penyakit ini bisa diderita oleh tiap-tiap orang, namun sangat kerap menyerang orang-orang yang berumur pada 15 – 35 th., terlebih mereka yang bertubuh lemah, kurang gizi atau yang tinggal satu tempat tinggal serta berdesak-desakan berbarengan penderita tbc. Lingkungan yang lembap, gelap serta tidak mempunyai ventilasi yang baik, sangat memberikan andil yang besar untuk seseorang terjangkit penyakit tbc.

Penyakit tbc paru-paru bisa sembuh. Tetapi lantaran kekurangpekaan si penderita TB serta kurangnya info terkait langkah pencegahan penyakit, serta penyembuhan tbc, kematian lalu tidak jarang terjadi. Oleh lantaran itu diperlukan tindakan yang awal untuk dapat menghindari serta menyembuhkan penyakit tbc.

Kami menyediakan klinik TBC (DOTS) untuk melayani pasien yang menderita TBC, di klinik ini pasien akan mendapatkan pemeriksaan intensif, pemeriksaan penunjang dan pengobatan yang dibutuhkan.

KLINIK EDUKASI DIABETES MELLITUS

Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu penyakit kronis yang memerlukan terapi medis secara berkelanjutan. Penyakit ini semakin berkembang dalam jumlah kasus begitu pula dalam hal diagnosis dan terapi. Dikalangan masyarakat luas, penyakit ini lebih dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis. Dari berbagai penelitian, terjadi kecenderungan peningkatan prevalensi DM baik di dunia maupun di Indonesia. 1 DM dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi yang serius pada organ tubuh seperti mata, ginjal, jantung, dan pembuluh darah. Untuk mencegah komplikasi yang lebih serius adalah dengan diagnosis dini DM agar dapat diberikan intervensi lebih awal. Oleh karena itu, penulis tertarik menggali lebih dalam lagi bagaimana cara preanalitik dan interpretasi glukosa darah untuk diagnosis Diabetes Melitus ini.

Dengan semakin meningkatnya penyakit Diabetes Melitus dari tahun ke tahun dan semakin banyak komplikasi yang ditimbulkan, maka RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang membuka klinik Edukasi Diabetes Melitus.

Edukasi Diabetes melitus merupakan salah satu dasar dari penanganan DM dan kunci keberhasilan bagi program jangka panjang penanganan DM secara individual. Program edukasi diselenggarakan secara berkala mengenai seluk beluk diabetes dan komplikasinya.

KLINIK VCT

Klinik VCT dimaksudkan untuk memberi bimbingan kepada pasien yang mempunyai masalah dengan IMS (Infeksi Menular Seksual) dan HIV (Human Immunodeficiency Virus). Di klinik ini pasien dibantu untuk menjalani hidup secara normal dan sehat. Disini juga bisa dilakukan pemeriksaan tes darah HIV.

KLINIK KIR/ GENERAL CHECK UP

General Check-Up adalah pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan Anda, bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit. General Check-Up mencakup serangkaian wawancara dan pemeriksaan kesehatan.

KLINIK SPESIALIS THT

Poli THT RSU Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang membantu Anda dalam memberikan solusi masalah kesehatan Anda khususnya pada telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher. Melalui dokter spesialis THT_KL yang ahli di bidangnya, serta ditunjang peralatan medis yang modern, lengkap dan memadai, pemberian pelayanan bagi Anda dan keluarga menjadi lebih optimal.

KLINIK EDUKASI DIABETES MELLITUS

Latar belakang :

      1. 1.Banyak penderita Diabetes Melitus yang mendapatkan kesulitan untuk mengendalikan penyakitnya secara mandiri.
      2. 2.Sering diabaikan perawatan kaki, dimana justru disini komplikasi Diabetes Melitus paling sering terjadi bahkan dapat berakibat fatal.

Tujuan :

Memberikan penyuluhan pada pasien agar tercapai hidup sehat dan menghindari terjadinya komplikasi.

Sasaran :

      1. Pasien diabetes melitus
      2. Keluarga penderita diabetes mellitus
      3. Orang-orang yang mempunyai potensi menjadi diabetes melitus misalnya :orang gemuk, bayi besar, abortus berulang-ulang
      4. Masyarakat yang memerlukan pengetahuan diabetes melitus

Hal yang diharapkan :

      1. Mengetahui dan memahami penyakit Diabetes Melitus dengan lebih baik
      2. Penderita Diabetes Melitus dapat menanggulangi penyakitnya secara mandiri
      3. Menghindari terjadinya komplikasi Diabetes Melitus
      4. Menghindari terjadinya komplikasi pada kaki.

Materi Penyuluhan :

      1. Pengenalan dan penatalaksanaan Diabetes Melitus dan komplikasi secara umum
      2. Pemantauan gula darah sendiri
      3. Sebab-sebab terjadinya gula darah
      4. Obat-obatan untuk mengendalikan gula darah
      5. perencanaan makanan diabetes
      6. kegiatan jasmani, komplikasi diabetes dan pencegahannya
      7. perawatan kaki

KLINIK SPESIALIS ORTHOPEDI

Aktivitas yang tinggi serta pola hidup yang buruk merupakan kendala dalam menjaga kesehatan, sehingga sering terjadi penyakit-penyakit yang dapat menurunkan produktivitas kerja.RSUD Dr. M.Ashari Kabupaten Pemalang mempunyai Klinik Orthopedi yang melayani setiap hari.Pada poli ini pasien bisa mendapatkan pelayanan konsultasi hingga tindakan diagnostik oleh dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi, dibantu oleh dokter asisten.

KLINIK SPESIALIS JIWA

Untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan jiwa, RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten membuka klinik spesialis kesehatan jiwa, yang buka setiap hari selasa dan kamis.

Klinik kesehatan jiwa ini di dukung oleh dokter spesialis kejiwaan (Psikiatri). Klinik ini selalu berupaya memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasiennya, baik anak-anak maupun dewasa.

Bagikan